SNU|Jakarta,- Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) sebagai koordinator operasional wilayah Nusantara memastikan kesiapan ruas-ruas tol dalam libur panjang Hari Raya Idulfitri 1446 H/2025 yang jatuh pada tanggal 21 Maret-11 April 2025. Diperkirakan selama H-10 hingga H+10, total seluruh volume lalu lintas (lalin) di ruas-ruas tol Regional Nusantara diprediksi 3.605.810 kendaraan atau meningkat 4,88% dibanding kondisi lalin normal, yaitu 3.437.973 kendaraan atau meningkat 3,59% dari realisasi volume lalin libur panjang Idulfitri 2024, yaitu 3.480.886 kendaraan, Kamis(20/3/2025).
JNT sebagai pengelola Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) bersama Anak Perusahaan Jalan Tol (APJT) PT Jasamarga Kualanamu Tol pengelola Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Sumatera Utara, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda pengelola Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur, PT Jasamarga Manado Bitung pengelola Jalan Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara dan PT Jasamarga Bali Tol pengelola Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa (Bali Mandara) di Bali memprediksi peningkatan volume lalu lintas selama periode libur panjang Idulfitri sebagai berikut:
- Ruas Tol Belmera
Volume lalin diprediksi sebesar 1.811.654 kendaraan atau naik sebesar 2,71% dari kondisi normal yaitu 1.763.793 kendaraan atau naik sebesar 4,45% dari realisasi volume lalin Idulfitri tahun 2024 yaitu 1.734.495 kendaraan.
Adapun puncak lalin arus mudik diperkirakan akan terjadi pada hari Kamis, 27 Maret 2025 sebesar 96.805 kendaraan atau meningkat 12,12% dari volume lalin normal, yaitu 86.343 kendaraan. Sementara, arus balik diprediksi akan terjadi pada hari Senin, 7 April 2025 sebesar 93.473 kendaraan atau meningkat 8,26% dibanding volume lalin normal, yaitu 86.343 kendaraan. - Ruas Tol MKTT
Volume lalin diprediksi sebesar 386.232 kendaraan atau naik sebesar 20,46% dari kondisi normal yaitu 320.618 kendaraan atau naik sebesar 2,63% dari realisasi volume lalin Idulfitri tahun 2024 yaitu 376.332 kendaraan.
Sementara itu, puncak arus mudik di Ruas Tol MKTT diperkirakan akan terjadi pada hari Jumat, 28 Maret 2025 sebesar 18.906 kendaraan atau meningkat 21,90% dibanding volume lalin normal, yaitu 15.509 kendaraan. Sedangkan arus balik diprediksi akan terjadi pada hari Minggu, 6 April 2025 dengan perkiraan volume lalin sebesar 23.619 kendaraan atau meningkat 52,29% dibanding volume lalin normal yaitu 15.509 kendaraan.
3. Ruas Tol Balsam
Volume lalin diprediksi sebesar 308.428 kendaraan atau naik sebesar 36,39% dari kondisi normal 226.139 kendaraan atau naik sebesar 14,95% dari realisasi Idulfitri tahun 2024 yaitu 268.322 kendaraan.
Puncak volume lalin di Ruas Tol Balsam diperkirakan terjadi pada hari Kamis, 3 April 2025 sebesar 22.192 kendaraan atau meningkat sebesar 89,85% dibanding volume lalin normal yaitu 11.689 kendaraan atau meningkat 2,51% dibanding dari realisasi volume lalin Idulfitri tahun 2024 yaitu 21.649 kendaraan.
4. RuasTolMabit
Volume lalin diprediksi sebesar 127.044 kendaraan atau naik sebesar 4,52% dari kondisi normal yaitu 121.551 kendaraan atau naik sebesar 2,89% dari Idulfitri tahun 2024 yaitu 123.476 kendaraan.
Sementara itu puncak volume lalin di Ruas Tol Mabit diperkirakan akan terjadi pada hari Jumat, 28 Maret 2025 sebesar 7.933 kendaraan atau meningkat 27,01% dibanding volume lalin normal yaitu 6.246 kendaraan.
5. RuasTolBaliMandara
Volume lalin di Ruas Tol Bali Mandara diprediksi sebesar 972.453 kendaraan atau terkoreksi sebesar 3,32% dari kondisi normal yaitu 1.005.872 kendaraan atau terkoreksi sebesar 0,59% dari Idulfitri tahun 2024 yaitu 978.261 kendaraan. Hal ini disebabkan libur panjang bersamaan dengan perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1947, dimana akan dilakukan penutupan sementara Ruas Tol Bali Mandara selama 32 jam. Penutupan sementara diberlakukan penutupan jalan pada hari Jumat, 28 Maret 2025 pukul 23.00 Wita dan akan kembali beroperasi pada hari Minggu, 30 Maret 2025 pukul 07.00 Wita. Ruas Tol Bali Mandara diprediksi akan mengalami peningkatan volume lalin pada hari Jumat, 4 April 2025 dengan prediksi sebesar 52.830 kendaraan atau meningkat 9,62% dibanding realisasi volume lalin Idulfitri tahun 2024 sebesar 48.195 kendaraan.

Dalam rangka memastikan pelayanan jalan tol aman, lancar dan nyaman, JNT telah menyiapkan upaya strategis dalam pelayanan operasional selama libur panjang Idulfitri 1446 H/2025 yaitu:
1. Layanan transaksi
a. Optimalisasi jumlah gardu operasi (gardu reversible dan gardu tambahan)
b. Penyediaan Mobile Reader (MR) untuk percepatan transaksi di gerbang tol;
c. Penambahan 1 titik top up uang elektronik dan 1 penjemput top up pada pada GT Amplas;
d. Penambahan personil Customer Service On Call pada gerbang tol (GT) utama yang berpotensi adanya kepadatan, khususnya di Ruas Tol Belmera dan Ruas Tol Bali Mandara;
e. Keberfungsian 100% peralatan tol beserta sarana pendukungnya seperti
Uninterruptible Power Supply (UPS), mobile reader;
f. Ketersediaan dan keberfungsian jaringan backup kelistrikan (genset);
g. Monitoring dan evaluasi kepadatan lalu lintas pada GT utama pada ruas jalan tol di JNT yang meliputi
- Ruas Tol Belmera: GT Amplas, GT Bandar Selamat, GT Tanjung Mulia
- Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi: GT Kualanamu 3.
- Ruas Tol Balikpapan-Samarinda: GT Palaran 1, GT Palaran 2, GT Karang
Joang, GT Manggar 4. - Ruas Tol Bali Mandara: GT Ngurah Rai, GT Benoa dan GT Nusa Dua. 5.
- Ruas Tol Manado-Bitung: GT Manado, GT Danowudu dan GT Bitung.
h. Integrasi penuh wilayah Sumatera Utara (Ruas Belmera, Ruas MKTT, Ruas Medan- Binjai, Ruas Indrapura-Kisaran, Ruas Kutepat, Ruas Binjai Langsa) serta fungsional GT Pangkalan Brandan Ruas Tol Binjai-Langsa;
i. Pemberlakuan potongan tarif tol satu arah pada saat arus mudik (GT Pangkalan Brandan/ GT Tanjungpura-Kisaran dan GT Pangkalan Brandan/ GT Tanjungpura- Sinaksak periode 24 Maret 2025 pukul 07.00 WIB hingga 28 Maret 2025 pukul 07.00 WIB. Periode potongan tarif tol arus balik GT Kisaran- GT Pangkalan Brandan/ GT Tanjungpura dan GT Sinaksak- GT Pangkalan Brandan/ GT Tanjungpura periode 3 April pukul 07.00 WIB hingga 5 April 2025 pukul 07.00 WIB dan 8 April 2025 pukul 07.00 WIB hingga 10 April 2025 pukul 07.00 WIB.
2. Layanan lalu lintas
- Pemenuhan sarana pengaturan lalu lintas dan rekayasa lalu lintas (Apabila diperlukan), sebagai contoh rekayasa lalu lintas pada GT Amplas (Belmera) dan rekayasa lalu lintas pada akses GT Manggar pada Ruas Balikpapan-Samarinda;
- Bekerjasama dengan kepolisian dan instansi terkait dalam mendukung Cara Bertindak (CB) antisipasi kepadatan di lajur;
- Adanya posko terpadu operasi libur panjang di sekitar wilayah jalan tol.
- Memastikan tidak terjadi hambatan lalu lintas di jalur dan melakukan percepatan penanganan gangguan kendaraan di lajur;
- Identifikasi lokasi rawan kamtibmas dengan menyiagakan personal;
- Keberfungsian 100% sarana Sisinfokom, khususnya keberfungsian Closed Circuit
Television (CCTV) lajur dan antrian gerbang tol.
3. Layanan preservasi
- Perkerasan jalan tol dalam kondisi mantap (siaga lubang);
- Membatasi kegiatan Scrapping, Filling, Overlay (SFO), rekonstruksi jalan tol, dan kegiatan proyek pada ruang milik jalan tol (rumija) jalan tol yang berpotensi mempengaruhi kondisi jalan tol dan kepadatan lalu lintas periode 24 Maret 2025 (H-8) sampai dengan 14 April 2025 (H+13);
- Melakukan inspeksi terhadap titik-titik saluran yang mengalami sedimentasi dan saluran drainase;
- Memeriksa kembali ketersediaan dan keberfungsian alat dan material seperti : mesin pompa, anemometer, material patching);
- Menyiapkan tim khusus percepatan penanganan di lapangan (Tim penanganan lingkungan, Tim patching, Tim penanganan longsor dan genangan).
4. Layanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TI/TIP)
- MelakukanManajemenTIPdenganmemastikankapasitasTIPdibawahkapasitas yang tersedia;
- Menjaga pengaturan lalu lintas pada akses keluar masuk dan di dalam TIP agar tidak menimbulkan kepadatan lalu lintas di jalur;
- Penambahan petugas keamanan dan kebersihan;
- Mengatur zonasi alur pengunjung TIP
- Berkoordinasi dengan pihak ketiga untuk memastikan ketersediaan Bahan Bakar
Minyak (BBM).
Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Hari Raya Idulfitri 1446 H dengan baik. Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.