Example floating
Example floating
Teknologi

Pantau Jaringan Indosat menggelar Ekspedisi Andal

131
×

Pantau Jaringan Indosat menggelar Ekspedisi Andal

Sebarkan artikel ini
Berfoto bersama dari kiri ke kanan Raden Tofan, SVP Head of Network Operations IOH Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer IOH, Senin(17/3/2025). (Foto: hms IOH)

SNU|Tasikmalaya – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) berkomitmen mendukung kelancaran komunikasi pelanggan di seluruh Indonesia, khususnya selama Ramadan dan Idulfitri 1446H. Kegiatan tersebut mewujudkan komitmen Indosat dalam upaya untuk menghadirkan konektivitas yang andal.

Kegiatan tersebut untuk memantau Jaringan yang Andal guna memantau performa jaringan, sekaligus meningkatkan kapasitas serta cakupan layanan di berbagai titik keramaian serta pelanggan untuk tetap terhubung dengan keluarga dan orang-orang terkasih di momen penuh berkah ini.

Hal tersebut disampaikan President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam konfrensi Persnya Senin(17/3/2025).

“Yah langkah ini untuk memastikan pelanggan tetap menikmati koneksi yang stabil dan andal dimanapun mereka berada di rute utama, yakni Jakarta-Lampung-Palembang dan Jakarta-Jogja-Malang dan upaya ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan di jalur strategis yang menjadi fokus perjalanan masyarakat saat mudik.

“Kami memahami pentingnya konektivitas selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. Oleh karena itu, kami memastikan pelanggan dapat menikmati layanan yang stabil, baik untuk berkomunikasi dengan keluarga, beribadah, maupun menjalankan aktivitas digital lainnya.

“Saya harap jaringan yang kuat dan andal, Indosat tetap menjamin setiap pelanggan dapat tetap terhubung tanpa hambatan hingga perayaan hari raya,” harapnya

Ia juga menegaskan Indosat tidak hanya hadir untuk menyediakan konektivitas, tetapi juga menjadi jembatan silaturahmi yang mempererat tali persaudaraan di momen penuh berkah dan juga Indosat kembali mengenalkan Unparalleled Network Services Guaranteed, yang merupakan upaya Indosat memberikan jaminan akan jaringan yang terintegrasi dan dikelola dengan teknologi mutakhir.

Pihaknya juga berkomitmen dalam antisipasi Lonjakan Trafik dan Optimalisasi Jaringan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran, kebutuhan akan koneksi stabil untuk panggilan, pesan, dan akses internet pun ikut meningkat.

“Karena lonjakan trafik data nasional tertinggi harian selama Ramadan mencapai 14,6% dibandingkan rata-rata trafik harian, dengan puncaknya terjadi menjelang Idulfitri, dari sisi kesiapan infrastruktur jaringan, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan melalui optimalisasi BTS (Base Transceiver Station), MBTS (Mobile Base Transceiver Station), serta pemantauan trafik secara real-time, ” terangnya.

Kata dia, Optimalisasi ini mencakup 632 titik keramaian (Point of Interest/POI), 68 rute strategis, 29 jalur tol, 30 jalur non-tol, dan 9 jalur kereta api, “ucap dia

Bahkan beberapa kota diprediksi akan mengalami lonjakan trafik data di masing-masing wilayah, seperti Bogor, Tasikmalaya, Sukabumi dan kawasan Jakarta Raya, wilayah Jawa, kenaikan trafik diprediksi terjadi di Purwokerto, Madiun, dan Pati.

Sedangkan wilayah Sumatera, ada di Metro-Kota Bumi, Baturaja, dan Padang dan wilayah Kalisumapa berlokasi di Bone, Gowa, dan Parepare, ” Paparnya.

Tak hanya itu Indosat mendukung komunikasi pelanggan serta peningkatan jaringan dengan menambah kapasitas di 9.600 BTS dan 800 jaringan transport dengan cakupan diperluas melalui penambahan 1.500 BTS baru dan 53 Mobile BTS dan Stabilitas operasional juga disiapkan dengan 1.100 Mobile Genset dan 3.000 teknisi siaga di seluruh Indonesia.

Seiring tren peningkatan layanan digital, beberapa aplikasi diperkirakan mengalami peningkatan penggunaan tertinggi selama Ramadan, yakni TikTok, YouTube, Instagram, Facebook, dan WhatsApp termasuk game paling populer yakni Mobile Legends, Roblox, Free Fire, PUBG, dan Call of Duty diprediksi.

“Untuk mengantisipasi lonjakan ini, Indosat telah menyiapkan 11 Mobile Base Transceiver Stations (MBTS) di titik-titik strategis, termasuk Pasar Cisarua Puncak, Pantai Sambolo Anyer, Pantai Florida Anyer, serta dua titik di Pelabuhan Merak untuk mendukung kelancaran komunikasi pemudik yang menggunakan jalur darat dan laut.

Selain itu, optimalisasi kapasitas jaringan juga dilakukan di berbagai area dengan peningkatan BTS dan monitoring trafik secara real-time, guna memastikan pengalaman komunikasi pelanggan tetap lancar selama puncak Lebaran.

Hingga kini Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat, IDX: ISAT) memiliki visi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia yakni layanan seluler, solusi TIK, data center, Fiber to the Home (FTTH), layanan pembayaran elektronik, layanan finansial dan layanan digital lainnya, ” pungkasnya. (Krist/Ajeng)

Example 120x600