Example floating
Example floating
PendidikanRagam Daerah

Ratusan Calon Mahasiswa Dibekali Pemahaman Informasi Arti Kesehatan dari BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya

558
×

Ratusan Calon Mahasiswa Dibekali Pemahaman Informasi Arti Kesehatan dari BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya

Sebarkan artikel ini
Ratusan Calon mahasiswa di beri Pemahaman informasi arti Kesehatan dari BPJS Kesehatan Cab. Tasikmalaya, pada Sabtu(20/9/2025). (Foto:Krist)

SNU//Tasikmalaya – Ratusan calon mahasiswa dibekali pemahaman arti kesehatan dari BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya dalam mengikuti kegiatan Pekan Orientasi Kehidupan Kampus (POKUS) di Gedung Graha Mulya Permana, Kampus STIA YPPT Priatim Tasikmalaya, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tasikmalaya, Sabtu(20/9/2025) 

Pemahaman layanan BPJS Kesehatan Cabang Tasikmalaya mulai dari pelayanan tingkat pertama hingga rujukan lanjutan, seperti pemeriksaan medis, penyediaan obat-obatan, rawat jalan, rawat inap, tindakan medis, hingga fasilitas Kesehatan serta dibutuhkan masyarakat, yakni persalinan, ambulan rujukan, hingga program deteksi dini penyakit (penapisan).

Salah satu staf edukasi, M. Rafi, menyampaikan pemahaman kesehatan bagi calon mahasiswa ini sangat penting dipahami apabila mereka menjadi Peserta BPJS.

“yah kami sering melakukan sosialisasi di kampus. Tujuannya yakni memberikan informasi kepada mahasiswa, sebab meskipun mereka sudah menjadi peserta, belum tentu memahami detail layanan BPJS. 

“Karena layanan kesehatan dapat membantu  memanfaatkan layanan kesehatan secara maksimal,” ungkap Rafi saat ditemui di sela-sela acara. Sabtu (20/9/2025).

Menurut Rafi, kegiatan ini memiliki dampak positif karena mahasiswa dianggap sebagai agen perubahan. Ke depannya, mereka diharapkan mampu menjadi penyampai informasi yang benar mengenai fungsi dan manfaat BPJS Kesehatan, sekaligus berperan dalam membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial kesehatan.

BPJS Kesehatan juga terus berinovasi agar pelayanan semakin mudah diakses oleh calon mahasiswa melalui Layanan Mobile JKN, Pelayanan Administrasi atau di Call Center 165 kini menjadi solusi praktis bagi peserta dalam mengurus administrasi, registrasi, dan pengaduan.

Melalui inovasi-inovasi ini, calon mahasiswa tidak perlu lagi khawatir jika harus mengurus berbagai hal terkait JKN, karena bisa dilakukan hanya melalui ponsel.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memiliki program BPJS Siap Membantu (Satu) yang tersebar di fasilitas kesehatan mitra mereka untuk membantu menangani keluhan peserta.

Sementara itu Ketua STIA YPPT Tasikmalaya, Dr. Agus Fatah Hidayat, menyambut baik langkah BPJS dalam menghadirkan edukasi di lingkungan kampus. 

Menurutnya, mahasiswa perlu memiliki pemahaman utuh agar tidak mudah termakan isu negatif yang kerap muncul mengenai layanan BPJS.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran tim BPJS dalam sosialisasi ini penting agar mahasiswa mengetahui hak dan kewajibannya. 
“Kita sering mendengar keluhan dari masyarakat terkait BPJS, namun dengan pemahaman yang benar, mahasiswa dapat menyaring informasi sekaligus menyampaikan edukasi kembali ke masyarakat,” jelas Agus Fatah Hidayat. (Krist)

Example 120x600