Ragam DaerahTeknologi

Kelurahan Leuwigajah Luncurkan Sistem Pelaporan Online Terintegrasi

138

Kota Cimahi|SNU – Kelurahan Leuwigajah meluncurkan Sistem Pelaporan Online Terintegrasi (LAPOR) pada di Aula Kelurahan Leuwigajah Cimahi, Kamis (25/07/2024).

Dengan diluncurkannya LAPOR yang dilatar belakangi dari terkendalanya pelaporan kegiatan yang dilaksanakan Ketua RW, Ketua RT dan Lembaga di Kelurahan Leuwigajah setiap periodiknya, yaitu kebingungan dalam membuat isi laporan kegiatan, tidak ada format baku pelaporan, terbatas tempat dan waktu, serta tidak adanya anggaran alat tulis kantor.

Seperti yang diungkapkan oleh kepala Seksi Sarana dan Prasarana Lingkungan Kelurahan Leuwigajah Aries Reza Budianto selaku inovator LAPOR menyebutkan, bahwa tujuan dari diluncurkannya LAPOR adalah untuk membantu dan mempermudah pelaporan kegiatan Ketua RT, Ketua RW, dan lembaga masyarakat tingkat kelurahan leuwigajah.

Hal ini dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat perlu didukung partisipasi aktif masyarakat dalam hal pelaporan kegiatan terutama yang berkaitan dengan informasi, data hasil-hasil pembangunan yang telah dilaksanakan sebagai bahan evaluasi dan penentuan kebijakan rencana pembangunan kedepan.

Rt dan RW dari kelurahan lainnya mengikuti acara peluncuran Sistem Pelaporan Online Terintegrasi

“LAPOR ini kami rancang sebagai solusi dalam mengelola pelaporan kegiatan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik serta memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan laporan. selain itu lapor ini membuat pelaporan lebih efektif dan efisiensi biaya,” ungkap Aries.

Sementara itu Kepala Kelurahan Leuwigajah Muhammad Thothoh Gozali Masduki menyebutkan bahwa sistem pelaporan online teritegrasi yang dibuat ini merupakan suatu kebanggaan bahwa semua SDM yang ada di Kelurahan Leuwigajah membuat inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kewilayahan dan pemerintahan.

“Dengan adanya LAPOR ini, saya mengajak dan berharap masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang pada akhirnya meningkatkan indeks kepuasan masyarakat” tandasnya. (Bagdja)

Exit mobile version