Wisata

Liburan Natal dan Tahun Baru, Indosat Pastikan Sinyal Aman, Liburan Makin Nyaman

305
Desmond Chung Director & Chief Technology Officer Indosat (baju putih), Vikram Sinha President Director & Chief Exceutive Officer Indosat (batik tengah), M Danny Buldansyah Director & Chief Business Officer Indosat (jas abu-abu), dan Director & Chief Human Resources Officer Irsyad Syahroni (batik kanan) memantau kesiapan jaringan Indosat jelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di DIOC, Senin(30/12/2024). (Foto: Krist)

SNU|Tasikmalaya – Menjelang momen liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Indosat Ooredoo Hutchison(Indosat atau IOH hadir untuk memastikan liburan tetap seru, serta tetap nyaman berselancar di media sosial.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyatakan, Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga.

“Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik dengan berbagai persiapan konektivitas agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman, ” ungkapnya, Senin(30/12/2024)

Menurut dia, upaya ini sejalan dengan misi perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

“Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

Kata dia, DIOC sendiri berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh.

Maka Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025. Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.

“Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sedangkan tempat wisata hingga tempat ibadah, Indosat telah meningkatkan jaringan sebanyak 34 titik di Jawa barat dengan lonjakan trafik data meningkat sekitar 9.97%, yang diperkirakan paling tinggi terjadi di daerah tujuan wisata Pangandaran, Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kuningan.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat telah mengoptimalkan 34 Point of Interest (POI) yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Seperti, Alun-Alun Bandung, Gasibu, Bandara Hussein, Stasiun KCIC Padalarang, Ciater, Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Kawasan Cipanas Cianjur, Rest Area Toll (Km 125), Rest Area Toll (Km 166).

Tambah dia, Optimalisasi ini mencakup penguatan kapasitas dan performa jaringan di 1326 BTS dan indosat menyiagakan 1 unit Mobile Based Transmission Station (MBTS) yakni di area wisata Ciater. Upaya ini dilakukan untuk menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman digital tanpa gangguan, baik untuk bersilaturahmi secara virtual, berbagi momen kebahagiaan, maupun mengakses layanan digital lainnya.

“Selain penguatan jaringan, Indosat juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Bandung dan akan beroperasi mulai 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, dan didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi. Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru, ” tandanya. (***)

Exit mobile version