Example floating
Example floating
HukumKesehatan

Adithia Yudistira Pastikan Pembenahan Pelayanan RSUD Cibabat, Dalam Kunjungi Keluarga Pasien Meninggal

2809
×

Adithia Yudistira Pastikan Pembenahan Pelayanan RSUD Cibabat, Dalam Kunjungi Keluarga Pasien Meninggal

Sebarkan artikel ini
Wakil Walikota Cimahi Adithia Yudistira (kanan) saat mengunjungi keluarga korban yang meninggal dunia di RSUD Cibabat, yang diduga kelambatan dalam pelayanan

SNU//CIMAHI.-  Wakil Wali Kota Cimahi Adhitia Yudisthira dalam melakukan kunjungan ke kediaman pasien Ulfa Yulia Lestari (30) yang meninggal dunia di RSUD Cibabat. 

Berdasarkan masukan dari pihak keluarga, bagi Adithia hal tersebut menjadi dasar evaluasi dan pembenahan pelayanan RSUD Cibabat agar lebih baik kedepannya.

Adhitia menerima suami pasien Nandang Ruswana beserta keluarganya di Kampung Cukaangkawung Desa Pakuhaji Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Adithia juga, selain menghaturkan rasa belasungkawa, pihaknya telah menyampaikan santunan kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Kedatangan saya ke keluarga pasien untuk menghaturkan rasa belasungkawa. Juga menyampaikan permohonan maaf sebagai perwakilan Pemkot Cimahi,” tutur Adithia.

Dalam pertemuan tersebut, pihak keluarga menyampaikan kronologis perawatan pasien Ulfa di RSUD Cibabat hingga meninggal dunia pada 29 Juni 2025. Yang lalu, termasuk, dugaan lambatnya penanganan tim medis RSUD Cibabat dan nyawa Ulfa tak tertolong.

Pihak keluarga juga meminta Pemkot Cimahi melakukan pembenahan terhadap kinerja pelayanan RSUD Cibabat. Hal itu diperlukan agar tidak ada lagi pasien yang mengalami kejadian serupa.

Menurut Adhitia, keluhan yang disampaikan pihak keluarga terhadap pelayanan RSUD Cibabat menjadi masukan penting.

“Dengan kejadian kemarin, atas jasa pihak keluarga yang menyampaikan kondisi penanganan pasien banyak hikmah yang bisa diambil. RSUD Cibabat akan segera dibenahi oleh Pak Walikota Cimahi dan saya, pelayanannya diperbaiki agar tidak ada lagi kejadian serupa,” ungkapnya.

Pihaknya menilai kejadian tersebut menjadi pengingat dalam pelayanan kepada masyarakat. “Menjadi pengingat bahwa kita harus terus memperbaiki diri, memperkuat sistem, dan mengutamakan hati nurani dalam setiap pelayanan,” pungkas Adithia Yudistira. (Bagdja)

Example 120x600