SNU|Bandung,- PT Astra Daihatsu Motor terus memperkuat eksistensinya di pasar otomotif Jawa Barat, dengan fokus strategis pada wilayah Bandung sebagai pusat pertumbuhan dan tren kendaraan roda empat. Melalui partisipasi aktif dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Bandung 2025, Daihatsu menghadirkan berbagai program penjualan menarik dan pendekatan lokal yang relevan untuk menjangkau konsumen secara lebih dekat, Selasa(30/9/2025).
Berdasarkan data penjualan hingga Juli 2025, Jawa Barat menyumbang 14,6% terhadap total pasar otomotif nasional, dengan 60.816 unit terjual. Dari angka tersebut, Bandung berkontribusi sebesar 25,5% atau 15.521 unit. Daihatsu mencatat performa positif dengan penjualan 8.126 unit di Jawa Barat dan pangsa pasar sebesar 13,4%. Tiga model unggulan — Sigra, Gran Max Pick Up, dan Ayla — menjadi tulang punggung penjualan, masing-masing menyumbang 39%, 17%, dan 12%.
Di Bandung sendiri, Daihatsu membukukan penjualan sebanyak 1.990 unit. Sigra tetap menjadi primadona dengan 688 unit (35%), diikuti Gran Max Pick Up sebanyak 388 unit (19%) dan Gran Max Mini Bus sebanyak 270 unit (14%).
Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, menyampaikan apresiasinya terhadap kepercayaan masyarakat Jawa Barat. “Daihatsu berkomitmen dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya di Jawa Barat yang menjadi salah satu pasar penting otomotif nasional. Mengambil momentum ajang GIIAS Bandung, kami ingin menghadirkan kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan mimpinya memiliki mobil baru Daihatsu dengan beragam kemudahan sesuai kebutuhan, hingga program penjualan menarik yang hanya bisa didapat secara khusus pada ajang ini,” ujarnya.
Arief Budianto, Regional Head Area Jawa Barat Daihatsu, menambahkan bahwa Bandung memiliki potensi strategis yang terus berkembang. “Bandung bukan hanya pusat ekonomi dan budaya, tetapi juga menjadi barometer tren otomotif di Jawa Barat. Kami melihat antusiasme masyarakat terhadap Daihatsu terus meningkat, dan ini menjadi motivasi bagi kami untuk menghadirkan layanan yang lebih dekat dan relevan,” katanya.
Sementara itu, Budi Mahendra turut menyoroti pentingnya pendekatan lokal dalam strategi ekspansi Daihatsu. “Kami percaya bahwa pendekatan yang hangat dan sesuai dengan karakteristik lokal akan memperkuat hubungan Daihatsu dengan konsumennya. Program Sahabatku menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen kami dalam membangun kedekatan emosional dan fungsional dengan pelanggan,” tutupnya.
Dengan semangat inovasi dan kedekatan, Daihatsu optimis dapat terus memperluas jangkauan dan memperkuat posisinya di pasar otomotif Jawa Barat, khususnya melalui momentum GIIAS Bandung 2025.